Tuesday, May 12, 2009

7 Cara Memudahkan Tidur Ketika Anda Masih "On"

Anda berusaha untuk menutup mata supaya dapat bangun di esok harinya. Tetapi, anda malah berputar di tempat tidur, menatap langit-langit kamar dan dengan sesekali anda melihat jam yang menandakan malam semakin larut. Anda memaksakan diri untuk mengistirahatkan badan dan fikiran, tetapi kepala anda tidak dapat berhenti berfikir. Hal ini tentu sangat menyiksa, ditambah lagi esok harinya anda masih merasa letih dan kurang tidur. Kejadian ini dialami oleh 2/3 dari wanita di dunia, yang melaporkan gangguan tidur pada beberapa malam setiap minggu.

Jadi, apa yang membuat anda tetap bangun? Teliti faktor, kebiasaan dan tingkah laku yang menghalangi anda untuk tidur nyenyak.

Halangan 1: Biasan cahaya

Bahkan setitik cahaya, maupun dari ponsel atau pembiasan cahaya dari monitor computer anda dapat mengganggu mata sehingga anda tidak dapat tidur nyenyak. "Cahaya memberi sinyal kepada otak untuk menghentikan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur," jelas Shelby Freedman Harris, PsyD, psikolog klinis di Sleep-Wake Disorders Center di Montefiore Medical Center , New York .

Solusinya:

Gunakan tirai jendela yang berwarna gelap, ganti jam analog (yang detiknya mengeluarkan suara) menjadi jam digital dan hindari jam digital dengan LCD, matikan computer anda seluruhnya dan semua lampu untuk memastikan kamar anda benar-benar gelap. Jika masih ada cahaya, anda dapat menggunakan penutup mata. Cara ini diusulkan oleh Michael Breus, PhD, penulis Beauty Sleep.

Halangan 2: Jadwal makan yang tidak teratur

Tidak ada waktu yang tetap untuk sarapan, makan siang dan makan malam, membuat tubuh semakin sulit untuk mengirimkan sinyal tidur ke otak. Breus menjelaskan, "ini karena bagian dalam tubuh yang memiliki jadwal tidur dan bangun bergantung kepada lingkungan dan tingkah laku anda, termasuk jadwal makan." Jika hari ini anda sarapan pukul 8 pagi dan besoknya berganti menjadi pukul 10, maka sistem sulit untuk menentukan masa untuk mengistirahatkan tubuh anda

Solusinya:


Tetapkan waktu makan yang sesuai bagi anda, dan usahakan untuk mematuhinya setiap hari bahkan pada akhir pekan. Makanan yang mengandung vitamin B dapat menyetel siklus tidur supaya lebih teratur. Jadi sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti gandum, nasi, sereal dan kentang.

Halangan 3: Energi yang datang tiba-tiba

Skenarionya biasanya seperti ini: Pada siang hari anda merasa tidak bersemangat karena tidak melakukan apa pun, tetapi malamnya anda merasa segar. Tentu saja sulit untuk menahan energi yang dating tiba-tiba itu, sehingga anda memutuskan untuk mengganti seprei, membersihkan meja, dan menggosok baju. Ini yang menandakan bahwa anda terlalu ‘On' untuk ‘Off'.

Breus berpendapat bahwa kelebihan energi yang datang tiba-tiba dapat menandakan adanya rasa rush of anxiety yang didorong oleh peningkatan hormon cortisol dan adrenalin, yang dipompa oleh sistem tubuh sehingga menghilangkan rasa kantuk. Hormon ini pada awalnya memaksa anda untuk tetap bangun sehingga tubuh menjadi sangat letih

Solusinya:

Usahakan tidak mengikuti ‘ajakan' hormon yang dipengaruhi anxiety atau anda boleh mengakalinya dengan melakukan kegiatan yang membantu anda untuk bersantai- contohnya membaca, mendengar musik atau kegiatan lainnya yang tidak perlu meninggalkan tempat tidur.

Halangan 4: Rutinitas perawatan tubuh

Perhatikan produk kecantikan yang selalu anda gunakan sebelum tidur. Wewangian, ramuan dan rempah tertentu dapat mendorong otak untuk tetap bangun. Contohnya peppermint. Menurut Harris, "mencuci dengan sabun yang berbau peppermint, atau menggosok gigi anda dengan pasta gigi dengan rasa peppermint dapat membuat anda tetap bangun." Produk yang memiliki wangi rosemary dan eucalyptus juga dapat mendorong rasa sadar, sehingga kantuk pun hilang.

Solusinya:

Produk yang wanginya dapat membangkitkan energi lebih baik digunakan pada pagi hari. Karena anda akan memerlukan ‘bantuan tambahan' untuk tetap segar di pagi hari. Malamnya, "gunakan pasta yang aroma mint-nya ringan dan gunakan sabun muka, lotion dan produk dengan wangi lavender, karena lavender dapat merangsang tubuh untuk relaks,". Demikianlah....

0 comments:

Post a Comment

 

Apa Kenapa Mengapa © 2008. Design By: SkinCorner